Agar Belajar Jadi Optimal

20.52 Edit This 0 Comments »
1. MENGUATKAN KEMAUAN

Ingat, innamal a’malu binniyat, segala sesuatu tergantung pada niatnya. Jika kita berniat menjadi lebih baik, yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan dengan jelas sejak awal tahun. Kitapun harus senantiasa mengingatkan diri sendiri tentang pentingnya belajar. Satu hal lagi, ingatlah bahwa persaingan itu selalu ada. Jadi, kamu lebih terpacu untuk selalu berusaha lebih baik.

2. MEMUSATKAN PERHATIAN DAN KONSENTRASI

Coba deh cari tempat belajar yang bisa membantu kamu lebih konsentrasi, misalnya penerangan cukup, tidak terlalu bising, de ele el. Tapi tentu saja tidak kemudian harus dipaksakan dan mengorbankan anggota keluarga lainnya. Jika rumahmu termasuk rumah yang ramai, kamu harus menentukan jam belajarmu. Insya Allah anggota keluarga yang lain akan membantu dengan bersikap lebih tenang pada jam-jam belajarmu tersebut.

3. MEMBACA DAN MENDALAMI BACAAN

Belajarlah membaca secara keseluruhan, teliti, dan mendetil. Ini akan memudahkanmu memahami tajuk bacaan dan membuat apa yang telah dibaca tidak mudah terlupakan. Selain itu, coba deh untuk membuat soal-soal ditepi bacaan yang nantinya bisa dijawab. Lalu, biasakan menandai bagian yang penting dengan stabile atau spidol berwarna serta membuat ringkasan mengenai hal-hal yang pokok atau penting dari suatu bacaan.

4. MENGHAPAL

Dalam menghapal cobalah untuk mencicil, jangan membiasakan diri menggunakan SKS ( Sistem Kebut Semalam ). Percaya deh, nggak bakal optimal ketimbang kamu mencicil menghapal karena otak kita pun memiliki keterbatasan. Pertama-tama, bagilah tajuk-tajuk yang panjang yang akan dihapal. Untuk bacaan, gambar, atau tanggal, cara tebaik menghapalnya bukan secara lisan, namun dengan cara membacanya berulang kali sehingga lambat laun kamu akan hapal. Meski demikian, berilah tenggang waktu untuk beristirahat agar otak kita gak terlalu lelah.

5. MENGULANGI HAPALAN SEBELUM TIDUR

Sebelum tidur adalah waktu yang tepat untuk mengulang bacaan atau hapalan, karena otak kita berada dalam keadaan rileks yang memudahkan pemahaman. Perlu kesadaran yang cukup tinggi untuk membiasakannya.

6. BELAJARLAH SETELAH SHALAT MALAM (TAHAJJUD)

Waktu fajar (antara pukul 03.30 sampai 04.30 WIB) menurut hasil penelitian adalah masa yang paling baik untuk belajar dan menghapal. Karena otak dan tubuh kita dalam keadaan fresh dan sangat baik mjika dimanfaatkan untuk belajar.

( Sumber Ibnu Ibrahim : majalah Sabili No. 21 TH. VIII 11 Apeil 2001/17 Muharram 1422 )

0 komentar: